pertemuan 1

pada pertemuan pertama ini, saya ingin membagikan sesuatu pada anda pengunjung blog saya, pada elektronika bagi orang awam, saya ingin membagikan pengetahuan saya pada anda semua, karena jika saya tidak membagikan ilmu saya pada anda, maka saya termasuk orang egois, mari kita mulai dengan apa itu elektronika

elektronika adalah suatu mata kuliah yang mempelajari tentang elektro, yaitu ilmu yang mempelajari tentang listrik ,semua alat yang di ciptakan baru-baru ini, tidak jauh dari elektronika, dari alat terkecil hingga alat yang besar pun pasti ada elektronika, contoh:mobil-pada bagian ECU, motor-pada bagian ECU, remote, HP, Laptop, TV, dan lain sebagainya, tapi apa sih yang menjadi dasar elektronika?

sumber listrik, adalah sumber dari alat elektronika ini, pada kendaraan pasti ada accu,di remote ada baterai, TV ada sambungan dari PLN jadi semua alat pasti ada sumber listriknya, listrik memang berguna untuk jaman sekarang, tapi listrik juga berbahaya untuk kita, apabila tegangan tinggi ,contohnya listrik PLN, 220 volt 50Hz, tegangan ini sudah cukup untuk membuat kita meregang nyawa, jadi jangan bermain-main dengan listrik PLN, tapi jika baterai atau accu masih aman, karena ia adalah arus DC

ada 2 tipe sumber listrik AC dan DC, jika AC ia tidak memiliki polaritas, alias bolak balik sama aja jika di tancapkan, beda dengan DC ada bagian positif, ada negatif
gambar di atas adalah gelombang arus DC
gambar di atas adalah gelombang arus AC

dari gambar di atas dapat di pahami bahwa arus DC memiliki polaritas yang tetap, tidak berubah-ubah, sedangkan arus AC ia memiliki polaritas yang berubah-ubah adakalanya ia positif ada kalanya ia negatif, seperti youtuber dengan akun electroboom , Mehdi Sadaghdar, bukan tegangan saja yang membahayan, bukan arus saja yang membahayakan, tetapi keduanya, tegangan dan arus

apa itu arus? arus adalah banyaknya elektron yang melewati kabel dari sumber menuju beban, arus semakin besar appa bila tegangan semakin besar, jadi arus dan tegangan berbanding lurus,apa satuan dari arus? satuan arus adalah Ampere
rumus di atas adalah rumus untuk mencari tegangan,arus dan hambatan
V=voltase atau tegangan
i=arus
R=sama dengan hambatan

untuk hambatan saya rasa dapat di berikan penjelasan pada postingan kedua setelah ini, jadi dengan itu saya akhiri untuk postingan pertama, semoga bermanfaat

Komentar